Power Amp Simetris Sederhana

Power Amp Simetris ini skemanya sangat sederhana dan komponennya sangat mudah didapatkan (komponen pasaran). Transistor yang digunakan pada bagian LTP 2N5551 dan pasangannya (dual LTP) yang masing-masing arusnya ditentukan oleh R 15K senilai 3mA, dibagian VAS menggunakan MJE350 dan pasangannya bisa juga menggunakan BD139 dan pasangannya, dibagian Driver menggunakan TIP31C dan pasangannya, Tr final pada simulasi kali ini saya menggunakan MJL3281 dan pasangannya. 

Pada skema ini belum menggunakan bias servo yang memakai TR sebagai sensor suhu pada TR final, akan tetapi masih menggunakan dioda tipe 1N4148 3 buah yang diseri. Untuk lebih jelasnya berikut skema lengkapnya.

Power Amp Simetris Sederhana

Pada simulasi kali ini Suply saya kasih masukan 45Volt CT output dikasih hambatan 4Ω dan 8Ω. Data yang saya peroleh dari skema Power Amp Simetris Sederhana ini adalah sebagai berikut,
Bias Simetris Sederhana
Arus Bias Pada TR Driver
Untuk bias pada TR Driver masih belum imbang, terdapat selisih sekitar 7mV. Untuk mengimbangkan TR Driver pada skema Power Amp Simetris Sederhana ini saya belum menemukan setingan yang tepat. Mungkin dengan sedikit memodofokasi skema bisa mengimbangkan bias pada TR driver.
Output Power Amp Simetris
Pengukuran Output Menggunakan Osiloskop
Merah Signal Input Hijau Signal Output
THD Power Amp Simetris Sederhana
THD yang dihasilkan
Cacat Harmonic Distortion pada skema ini cukup besar sekitar 0.0082% pada beban 4Ω dan 0.00% pada beban 8Ω. 
Berdasarkan keterangan teman-teman yang sudah ahli dalam bidang Power Amp, jenis Power Amp Simetris sangat cocok jika digunakan untuk Subwofer.